Program Identifikasi Label Blog Wamubutabi

Tuesday, January 05, 2016
Hallo para pembaca setia Blog Wamubutabi,
Menurut kalian nih, penting nggak sih "LABEL" dalam suatu blog?

Awalnya sih aku menganggapnya tidak penting. Tapi setelah ku pikir ulang, rasanya kita perlu mengkategorikan postingan-postingan di blog, yakni dengan menggunakan fasilitas label. Misalnya ada pembaca baru yang kebetulan sedang mampir ke blog kita. Dia merasa tertarik dengan salah satu postingan dengan tema tertentu. Biasanya, dia akan mencari postingan lain dengan tema yang sama. Nah, dengan melihat label, dia tentu akan lebih mudah mencari postingan dengan tema/kategori tertentu.

Kalau melihat label di blog ini, rasanya masih terlalu acak dan kurang fokus. Bahkan ada banyak postingan yang tidak mempunyai label karena aku masih bingung 'postingan ini harus ku masukkan label mana?'
Label Wamu
Nah, demi menghilangkan kebingungan itu (mengkategorikan postingan) dan demi kemudahan pembaca mencari label kesukaannya, maka aku membuat "Program Identifikasi Label Blog Wamubutabi". 

Nama programnya kelihatan W.O.W ya? Hahaha. Sebenarnya ini sekedar pembakuan LABEL, yang artinya postingan yang akan ku buat nantinya harus diberi label, minimal 1 label dari daftar label berikut.

Anime

Label ini berisi postingan tentang bahasan mengenai anime, entah itu tentang anime yang akan/sedang/telah ku tonton, tokoh favorit dalam anime, maupun penyanyi / lirik dari soundtrack anime.

Blog

Label ini berisi tentang bahasan mengenai blog, seperti tips-tips blogging, hal-hal menarik dari blog, dan lain sebagainya yang masih ada kaitannya dengan blog. Review blog dari teman-teman blogger pun akan masuk ke dalam label ini.

Cerpen

Label ini berisi tentang cerpen maupun flash fiction (FF) hasil karya tangan ini.

Curhat 

Label ini berisi tentang hal-hal yang sifatnya random, yang (mungkin) tidak bisa dimasukkan ke dalam label lain. Sifatnya lebih personal, dan tentu saja : random/acak/tidak jelas.

D.I.A || K.A.M.U

Label ini berisi postingan tentang seseorang/sesuatu yang spesial dalam kehidupanku. Biasanya aku menggunakan kata ganti DIA atau KAMU untuk menceritakan seseorang/sesuatu yang spesial tersebut.

Giveaway

Label ini berisi postingan yang diikutsertakan dalam giveaway/lomba blog. Selain itu, informasi yang berkaitan dengan giveaway akan dimasukkan ke dalam label ini.

Jalan-Jalan

Label ini berisi postingan yang menceritakan tentang kegiatan jalan-jalan, bisa berupa pengalaman, tips, maupun rencana jalan-jalan.

J-Drama

Label ini berisi postingan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Japanese Dorama (J-Drama), baik berupa review film, profil aktor/aktris, maupun soundtrack dari J-Drama.

Komputer 

Label ini berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan komputer, baik tugas kuliah atau apapun yang berkaitan dengan komputer.

Miracle of Al-Quran

Label ini berisi postingan yang minimal di dalamnya terdapat 1 ayat Al-Quran. Sesungguhnya dari 1 ayat tersebut, dapat terjadi kisah/kejadian/cerita yang bisa kita ambil hikmahnya.

Opini

Label ini berisi postingan yang sifatnya memberikan/mengungkapkan/sharing opini pribadi, tanpa memedulikan pendapat orang lain.

Review

Label ini berisi postingan review, bisa review buku, review film, review blog, atau review apapun yang sifatnya memaparkan agar orang tahu.

Yups, ku rasa itu lah label-label yang ingin ku kembangkan. Harapannya, setiap postingan nantinya akan mempunyai label, minimal satu label di atas.

Semoga tidak lupa untuk menambahkan label di blog yaa ^^

4 comments:

  1. label penting banget soalnya memudahkan pencarian.. ^^

    ReplyDelete
  2. label memang penting banget yah Mbak :)
    sejak membuat postingan pertama kali saya sudah memberinya label :)

    ReplyDelete
  3. aku jg sering banget ganti-ganti kategori label, terkadang ada tulisan yang tdk cocok dengans emua label kita, atau malah pas dengan banyak label jd bingung memasukkan ke label yg mana. tapi label penting untuk mengontrol tulisan kita biar tertib, rapi, dan disiplin dalam menulis. asik :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.