It's My New Dream!

Wednesday, August 13, 2014

Rasanya, kalimat yang menjadi salah satu judul di blog Naelil The Climber ini sangat sesuai dengan keadaan kini. Setelah berhasil mewujudkan impianku, yaitu Lulus kuliah, langsung kerja, kemudian melanjutkan kuliah SI, sekarang saatnya aku mulai merangkai mimpi baruku. 

Setuju dengan Naelil, bahwa mimpi itu penting dan alangkah baiknya kalau mimpi yang kita buat bersifat spesifik. Kenapa memiliki mimpi secara terperinci itu penting? Karena itu bisa buat kita jadi lebih fokus sama target yang emang kita harapkan tercapai. 

Dari seminar yang pernah aku ikuti, mimpi/cita-cita/tujuan hidup itu haruslah SMART;
Specific : spesifik, detail, dan terperinci
Measureable : dapat diukur secara obyektif
Attainable : dapat dicapai
Realistic : realistis, sesuai kondisi diri, do-able
Time : tenggat waktu

Dan sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan Naelil di blognya, maka It's My New Dream!
1. Niat
Bismillahirrohma nirrohim. Aku berniat untuk mewujudkan impianku : Lulus SI, pindah kerja di Yogyakarta, jadi PNS, menikah!

2. Tetapkan Mimpi dengan Jelas
Ini dia mimpiku jika dituangkan ke dalam sebuah kertas:

Di sisa tahun 2014 ini, aku mempunyai 2 keinginan:
1. jadi karyawan tetap
Aku masuk kerja per 1 Oktober 2013 dengan status karyawan kontrak 1 tahun. Itu berarti, tak lama lagi, kontrak kerjaku akan habis. Aku berharap, setelah masa kerjaku habis, aku tetap bisa kembali bekerja dengan status baru: karyawan tetap. Aamiin!

2. qurban
Hari raya Idul Adha tahun 2014 jatuh pada tanggal 5 Oktober. In sya Alloh tabungan sejak bulan April lalu dapat dibelikan satu ekor kambing untuk qurban. Aamiin!

Tahun 2015, beberapa hal yang ingin ku wujudkan:
1. Maen ke Belitung dan Malang
Dengan berasumsi bahwa tahun 2015 aku sudah menjadi karyawan tetap, dan aku memiliki jatah cuti sebanyak 12 hari, aku bisa memanfaatkan hari-hariku untuk traveling. Dua kota yang ingin sekali ku kunjungi: Belitung dan Malang. Semoga aku bisa pergi ke sana. Aamiin!

2. Skripsi + Sidang
Saat ini aku mahasiswa Sistem Informasi di salah satu universitas swasta di Jakarta, menjalani semester 2 dan tahun depan masuk semester 3 dan 4. Artinya tahun 2015 aku akan disibukkan dengan skripsi dan berujung pada sidang. Semoga diberi kemudahan, tak ada aral melintang, dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Aamiin!

Tahun 2016 rasanya akan menjadi titik balik seorang Mia. Aku punya banyak rencana di tahun ini (2016). Setelah dinyatakan lulus sidang dan mendapat gelar Sarjana Sistem Informasi, aku akan segera mencari informasi lowongan pekerjaan, khususnya di daerah Yogyakarta. Harapanku, aku bisa masuk ke dalam salah satu perusahaan ASTRA Cabang Yogyakarta. Sembari menunggu wisuda, aku bisa melakukan tes kerja tersebut.

Tahun 2016 aku akan merayakan wisuda kelulusanku. Setelahnya aku akan MOVE ON alias pindah setelah memastikan aku mendapatkan pekerjaan di Yogyakarta. Aku harap, aku bisa diterima kerja di HSO (Honda Sales Operation) atau TSO (Toyota Sales Operation) atau DSO (Daihatsu Sales Operation) atau AI (Astra Isuzu) Cabang Yogyakarta.

Aku akan mengajukan surat resign dari tempat ku bekerja sekarang dan berpamitan dengan bapak ibu kos bahwa aku akan meninggalkan kota ini Bekasi (dan juga Jakarta). Aku juga akan berpamitan dengan teman-teman yang ada di Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya. Sebelum aku benar-benar meninggalkan kota ini, aku ingin sekali mengadakan event di panti asuhan. Mungkin acara bagi-bagi makanan, buku, tas, dan peralatan sekolah untuk adik-adik di panti asuhan. Sepertinya menyenangkan.

Di tahun 2016 pula, setelah aku pindah kerja dan pindah kosan ke Yogyakarta, aku ingin setiap minggunya pulang ke rumah bapak ibuk. Aku akan kembali menjadi anak yang berbakti, yang membantu kedua orang tuanya. Tak lupa aku akan belajar masak dari ibuku. Hitung-hitung sebagai bekal sebelum aku berubah status menjadi seorang istri :)

Nah, ketika daftaran CPNS tahun 2016 sudah dibuka, aku akan mendaftar. Aku akan belajar, berdoa, dan memohon doa restu dari kedua orang tuaku agar sekali aku mendaftar, aku bisa langsung lolos dan diterima jadi PNS. Aamiin!

Tahun 2017. MENIKAH. Impian bagi setiap orang :) 
Tanggal berapa? Sama siapa? Dimana? Saat ini masih menjadi rahasia-Nya. Mungkin ada yang bertanya, kenapa harus menunggu tahun 2017? Apa tidak kelamaan? Kenapa tidak disegerakan?
Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah orang tua. Tahun 2017 merupakan tahun yang aku dan orang tuaku sepakati. Lagipula, menikah bukan urusan 'cepet-cepetan' kan? Oleh karena itu, teruntuk calon imamku, baik-baik ya disana, jangan nakal! Akan ada saatnya kita bertemu dan hidup bersama :)

3. Tentukan Langkah
Langkah apa yang harus ku ambil untuk mewujudkan impianku diatas?
- Fokus kuliah (mengerjakan tugas kuliah sebelum deadline, datang kuliah onsite, belajar sebelum UAS ) --> biar kuliah, skripsi, sidang lancar
- Nabung (menyisihkan uang minimal Rp. 100.000,- per bulan) --> modal jalan-jalan
- Menambah relasi (lebih terbuka pada orang lain, cari info soal CPNS dan orang-orang yang pernah mengikutinya) --> biar cari kerjanya dan jadi PNS nya dipermudah
- Memperbaiki diri (banyak baca buku, sholat dhuha dan tahajud lebih rutin, puasa Senin Kamis) --> biar dapat jodoh yang baik 

4. Doa
Impianku mungkin tak terdengar hebat. Namun, yang terpenting bagiku adalah kebahagiaan. Bahagia tak perlu diwujudkan dengan seberapa banyak harta yang kita miliki, seberapa 'WOW' kita di mata orang lain. Bagiku, hidup berkecukupan, dekat dengan orang tua, merupakan impian yang luar biasa. Apalagi jika mimpiku ini telah diridhai kedua orang tuaku. Bukankah ridha Alloh terletak pada ridha kedua orang tua? 
Dari Abdullah bin 'Amr beliau berkata; Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda; Ridha Allah pada ridha orangtua dan murka Allah pada murka orangtua (H.R.Al-Baihaqy)
Oleh karena itu, bantulah hamba mewujudkan impian ini Ya Alloh. Dan jika kelak apa yang aku impikan ini tak terwujud, ku harap Kau telah sediakan skenario terindah untukku. 

“Nothing happens unless first we dream.” Carl Sandburg

Itulah impian-impian yang ingin ku wujudkan dalam waktu dekat ini. Bagaimana denganmu? Sudahkah kau bermimpi untuk masa depanmu? Satu kalimat untukmu: Jangan Pernah Berhenti Bermimpi!

2 comments:

  1. Waah Kak, mimpinya spesifik sekali. Terima kasih ya sudah berbagi ilmu. Semoga impian/target-targetnya terwujud ^^

    ReplyDelete
  2. Aamiin :)
    Terima kasih banyak yah :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.