5

Perbedaan Jilbab dan Hijab

Sore ini aku melakukan debat kecil di facebook yang sebenarnya tidak penting. Berawal dari salah seorang teman facebook yang memasang status.
lebih baik berjilbab daripada berhijab
Ada satu komentar yang mengatakan "Hijab lbh ke fashion, jilbab lbh menurut perintah Al-qur'an". Aku pun ikut berkomentar "yg penting mah nutupin aurat". Eh, ternyata komentarku ditimpali;
Betul ukhti zaitun, tutup aurat itu wajib. Tp yg dimaksud hijab disini berbeda artinya dgn berjilbab. Hijab itu kebanyakan hanya membalut aurat, bkn menutup aurat. Membalut dgn menutup beda lho mohon dicerna dgn hati bkn emosi #salamukhuwah


Aksi saling lempar komentar pun berlanjut..

Oke, mari kita buka Al-Qur'an..
QS. An-Nuur : 31
31. Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

QS. Al-Ahzab : 59
59.Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 
[1232]. Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada. 

Adakah dari kalian yang mampu membedakan istilah jilbab dan hijab berdasarkan kedua ayat diatas?? Jujur aku tidak menemukannya. Dan aku kembali ke pendapatku; dua istilah antara jilbab dan hijab sama saja, yang penting keduanya sama-sama menutup aurat.


Maksudku dengan pernyataan diatas adalah : aku tidak mempermasalahkan penggunaan istilah jilbab atau hijab. Terserah seorang muslimah mengatakan "Aku berhijab" atau "Aku berjilbab". Toh keduanya sama-sama menutup auratnya. Kalau ada yang mengatakan hijab lebih ke fashion, terus apa masalahnya? yang penting menutup aurat bukan?

Yang aku sedikit agak bingung dalam aksi lempar komentar diatas adalah aku sedikit diarahkan untuk bisa membedakan antara jilbab dengan hijab? Apakah memang perlu untuk membedakannya?

Bagi aku yang tak suka perdebatan dan lebih suka damai, aku tak perlu membedakan penggunaan istilah jilbab maupun hijab, karena yang perlu digarisbawahi adalah kewajiban menutup aurat seperti yang dijelaskan Al-Quran dalam kedua ayat diatas? Just keep it simple!

Menurutku sih gitu. Ada yang punya pendapat lain?

5 comments:

  1. Baca bukunya Felix yg "Yuk Berhijab" mi, sepertinya di situ dijelasin keduanya.
    Bahasanya jg sederhana kok

    :D

    ReplyDelete
  2. Baca bukunya Felix yg "Yuk Berhijab" mi, sepertinya di situ dijelasin keduanya.
    Bahasanya jg sederhana kok

    :D

    ReplyDelete
  3. hahaha...
    Selow aja mbaaak~
    perbedaan istilah. :P

    Yang penting maknanya benaar.
    Kalau vey sih, suka-suka aja. Mau jilbab silahkan mau berhijab silahkan. Toh yang menilai kualitas iman bukan kita. :D

    Hanya saja, lihat bagaimana kelakuannya. Kalau jilba fashion cantik kok, cuma ya aku emang nggak pernah ngemodel hilbab. Ora iso. Wakaka...

    ReplyDelete
  4. Hmm.., aku kasih sedikit masukan..(maaf klo agak panjang.hehe) dulu aku pernah baca di salah satu bukunya Ust. Felixiauw, sama baca referensi2 lainnya..

    jadi begindang miii..
    jilbab berasal dari bahasa arab yang berarti pakaian/busana muslimah yg longgar, yang menutupi seluruh tubuh
    kecuali muka dan telapak tangan sampai pergelangan tangan.pakaian ini wajib dikenakan untuk muslimah, karena sudah diperintahkan langsung dalam Al Qur'an.
    sedangkan hijab dalam arti sebenarnya adalah penghalang, penutup, atau tabir.
    artinya jelas berbeda.
    pada zaman rasulullah, hijab digunakan oleh istri Nabi Muhammad SAW jika
    hendak berbicara dengan para sahabat nabi.
    hijab juga biasanya sesuatu yang digunakan oleh anggota rohis untuk dijadikan pembatas antara ikhwan
    dan akhwat jika sedang ada kajian atau rapat.
    jadi, hijab itu bersifat luas sehingga pada zaman sekarang
    orang memandang bahwa kata hijab itu dimaksudkan untuk jilbab karena memang memiliki fungsi untuk menutup aurat.
    Tetapi, tetap saja berbeda antara hijab dan jilbab.
    Syaikh Al Bani rahimahullah mengatakan, “Setiap Jilbab adalah Hijab, tetapi tidak semua Hijab itu Jilbab, sebagaimana yang tampak."
    mungkin yang dimaksudkan hijab pada zaman sekarang yang sedang nge-trend ini adalah kerudung/khimar, yang berarti sesuatu yang menutupi
    kepala, leher, sampai dada.
    cuma entah kenapa, yang lagi nge-trend sekarang ini adalah kata hijab identik dengan kerudung muslimah yang modis
    ini mungkin hanya masalah penyerapan bahasanya saja yang salah.
    yang terpenting adalah, kita tahu bahwa penggunaan jilbab merupakan hal yang wajib bagi muslimah.
    semoga bisa membantu :)

    ReplyDelete
  5. @Fredy : nyilih bukune dong Fred >.<

    @Sichi : aku searching juga nemunya kayak gitu chi dan aku setuju jika perbedaan makna antara jilbab dan hijab seperti apa yang kamu jelaskan.

    Cuma ada yang ngganjel aja ketika ada yang bilang; hijab lebih ke fashion. seakan-akan artinya tuh memakai kerudung yang dianeh-anehin sesuai trend saat ini dan tidak sesuai syar'i.

    jika zaman sekarang orang memandang bahwa kata hijab itu dimaksudkan untuk jilbab karena memang memiliki fungsi untuk menutup aurat --> berarti kalimat "aku berjilbab" dan "aku berhijab" memiliki makna yang sama dong. Iya nggak sih?

    jadi ya bener kata Mbak @Vera Astanti, selow aja... hijab monggo, jilbab monggo.. :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top