2

Isuzu dan Sparepart

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah Information Process Business Minggu ke-1

Amati perusahaan tempat Sdr bekerja atau perusahaan lain yang Sdr tertarik. Diskripsikan profile perusahaan yang menyangkut misi, visi, strategi perusahaan. Apa bidang dan jenis usahanya, pemakai barang atau jasa yang dihasilkannya, pemasoknya, serta partner usaha?



Saya bekerja di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Divisi Sparepart.
IAMI merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek Isuzu di Indonesia dengan bidang usaha perakitan kendaraan bermotor merek Isuzu, beserta komponen dan bisnis lain yang terkait.

Produk IAMI adalah kendaraan komersil multi fungsi yang terdiri dari Panther (MPV), Isuzu Pick-up, D-Max (Pick-up 4x4), Bison (Pick-up), N series (Light Truck/kategori 2) dan F series (Medium Truck/ kategori 3).

Produk-produk tersebut merupakan kendaraan niaga yang cocok untuk transportasi dan distribusi angkutan barang (Comercial Vehicle).
                                             
Penjualan kendaraan bermerk Isuzu dilakukan oleh distributor dan dealer resmi mobil dan truk Isuzu yang tersebar di Indonesia.

Misi:
Mempromosikan dan meningkatkan bisnis Isuzu di Indonesia melalui kepuasan pelanggan.

Visi:
Menjadi nomor 1 di pasar nasional segmen kendaraan bermesin diesel.

Untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan, IAMI mempunyai strategi yang tujuan utamanya yaitu kepuasan pelanggan. Salah satu bagian dari kepuasan pelanggan untuk bisnis kendaraan komersil adalah ketersediaan suku cadang (sparepart) dimana para pengguna kendaraan Isuzu dapat dilayani dengan baik dengan downtime kendaraan yang kecil.

Salah satu program untuk menjamin ketersediaan sparepart adalah program supply suku cadang 1x24 jam atau gratis. Program ini telah berhasil membuat perbedaan pelayanan terhadap kompetitornya. Jika dibandingkan dengan produsen kendaraan komersil yang lainnya seperti Mitsubishi, Hino, Man, Nissan Diesel, Toyota, Mercedes Benz dan Volvo, hanya Isuzu yang memiliki strategi pelayanan purna jual supply suku cadang 1x24 jam atau gratis. Dengan adanya program supply suku cadang 1x24 Jam atau gratis, Isuzu telah memenuhi salah satu definisi kualitas pelayanan yaitu kualitas merupakan persepsi konsumen atas tingkat keandalan sebuah produk dalam memenuhi kebutuhan total mereka.

Sumber:

2 comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top