Seorang Marketing

Tuesday, February 18, 2014
Apa yang ada dalam benakmu ketika mendengar tentang pekerjaan seorang marketing?
- Marketing itu cuma modal ngomong doang
- Marketing itu kerjanya cuma jalan-jalan
- Marketing itu ...

Setidaknya itulah yang sering ku dengar tentang Marketing. Seakan semua orang yang pandai bicara itu bisa masuk ke dalam Marketing.

Aku merasa pekerjaan sebagai seorang Marketing itu selalu diremehkan. "Marketing kerjaannya ngapain sih? Cuma promosiin produk, customer beli. Udah selesai. Setelah itu, mereka habisin duit buat jalan-jalan. Enak banget jadi Marketing."

Ya, secara terlihat mata memang demikianlah seorang Marketing itu. Aku pun mengiyakan sebelum akhirnya kini aku bergabung dalam Tim Marketing. Meskipun aku hanya di posisi Admin, aku tahu apa-apa saja yang dilakukan, dirasakan, dan dikerjakan oleh Marketing.

Cuma promosiin produk, customer beli.
Kelihatannya memang simple. Namun tidak pada kenyataannya. Marketing mempunyai target jualan yang sudah ditetapkan di awal periode. Itu artinya, tidak sekedar 'customer beli', namun harus mencapai target jualan. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas Marketing untuk menyusun stateginya. Itulah pekerjaan Marketing yang tak semua orang tahu.


Tak semua orang mampu menyusun strategi seperti yang dilakukan Marketing. Salah perhitungan, justru akan mengalami kerugian.

No comments:

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.