5

Cerita ABG: Cerita (Jaman) ABG

Kamu masih ABG?
Kamu sudah melewati masa ABG?

Siapapun kalian, yuk saling berbagi cerita ABG...!

Siapa ABG?
ABG dikenal sebagai singkatan dari "Anak Baru Gedhe"; Anak-anak yang sedang tumbuh menjadi seorang remaja, anak-anak yang mulai penasaran dengan 'dunia luar', anak-anak yang mencoba keluar dari masa kanak-kanak, mencoba hal-hal baru, dan punya rasa ingin tahu yang luar biasa besar.

Anak-anak yang tergabung dalam kelompok ABG umumnya mereka yang masih di bangku SMP dan atau SMA. Mereka inilah para generasi muda yang jika dididik sedemikian rupa akan membawa kemajuan bagi bangsa tercinta ini.

Cerita ABG?
Jika kembali ke masa ABG, apa yang ingin kau ceritakan untuk anak cucumu? Apakah cerita tentang kamu dengan cinta monyetmu? Apakah cerita tentang pengalaman pertama merokok? Apakah cerita kamu dengan segudang prestasimu?

Sebelum kau cerita, ijinkan aku bercerita terlebih dahulu; cerita ABG, cerita saat aku menjadi seorang ABG. Aku akan menjadi aku saat masih duduk di bangku SMP.

Aku bersekolah di SMP N 27 Purworejo. Sekolah pinggiran yang mewah (mepet sawah). Bagaimana tidak? Sekolahku dikelilingi sawah, bahkan di depan ruang kelas pun ada sawah. Menarik bukan?

Itu sekilas tentang sekolahku. Dan inilah ceritaku saat ABG..

Aku adalah gadis pendiam yang tak banyak bicara. Meski demikian, aku terlahir dengan otak yang lumayan cemerlang. Aku menjadi juara kelas. Aku pun dekat dengan para guru di SMP-ku.

Saking dekat dengan para guru dan saking percayanya guru-guru akan kemampuan otakku, aku dipilih untuk mewakili SMP-ku dalam Jambore tahun 2006. *Jambore=pertemuan besar para pramuka* Padahal kalau dipikir-pikir saat itu aku bukan orang-orang yang berkecimpung di dunia pramuka. Aku bukan senior  yang tiap jumat melatih pramuka bagi adik-adik kelas (junior). Benar-benar tak ku sangka jika aku yang terpilih untuk mengikuti acara Jambore ini. Apalagi ini Jambore Nasional. N A S I O N A L. Aku merasa menjadi ABG yang paling beruntung.

Setelah proses seleksi, aku menjadi salah satu dari 40 murid SMP yang terpilih dari SMP di Purworejo untuk menjadi bagian dari Kontingen Purworejo.

Jambore Nasional 2006 ini diadakan di Buper Kiarapayung Jatinangor Sumedang, Jawa Barat, pada tanggal 16-23 Juli 2006.
Sebelum kami, satu kontingen, berangkat ke Sumedang, kami ada pelatihan yang diadakan tiap hari Minggu. Kami belajar senam pramuka, tali menali, filateli, dan masih banyak lagi. Sebagai ABG yang kece, tentunya semangat kami untuk belajar begitu menggebu.

Akhirnya hari yang dinanti tiba. Para ABG dari seluruh daerah di Indonesia mewakili kontingennya masing-masing untuk mengikuti acara ini. Luar biasa.
Anaking, Maskot Jamnas 2006
Ada 4 kegiatan utama yang harus dilakukan. Aku lupa apa saja, namun seingatku ada Petualangan dan Rekreasi.

Petualangan > Aku mendaki Gunung Tangkuban Perahu. Itu pertama kalinya aku naik gunung. Namun, yang paling ku ingat hingga kini, adalah ketika aku dalam perjalanan menuju kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Bus rombongan yang aku naiki dikawal polisi. Seketika aku menjadi orang yang paling penting. ^^

Rekreasi > Ada beberapa tempat rekreasi yang disediakan dan aku mendapat jatah jalan-jalan ke Garut. Disana aku pergi ke pabrik dodol, kemudian pergi ke tempat wisata yang ada di Kota Garut.

Benar-benar menyenangkan masa-masa ABG-ku. Cerita (jaman) ABG ini bakal teringat sepanjang masa dan akan selamanya menjadi cerita indah saat dibagikan.

Dan seharusnya, ABG-ABG jaman sekarang harus punya cerita lebih indah. Segala fasilitas sudah lengkap. Semua yang diperlukan ada. Berlomba-lombalah dalam mencapai prestasi. Ukirlah cerita-cerita ABG yang luar biasa yang bisa dikenang sepanjang masa. Sebuah cerita yang dengan bangganya kau bagikan, bukan cerita memalukan yang perlu kau sembunyikan.

Ayo para ABG, kemajuan negeri ini ada di tangan kalian ^^

5 comments:

  1. terima kasih turut mendukung gerakan PKK

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya

    ReplyDelete
  2. Dulu saya ikutan pramuka waktu SD aja, tapi paling banter ikut kemah se Kabupaten aja... Waktu SMP udah gak aktif lagi, lebih aktif maen game hahahaha

    ReplyDelete
  3. mengingat tentang masa abg itu sesuatu banget yah.... :)

    ReplyDelete
  4. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali... Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi yach ?? Ada saran nggak ?? :)

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top