8

Dango Daikazoku

Ohayou, mina...
Kali ini aku aku akan membahas Dango?
Ada yang tahu Dango? Kenal Dango?

Dango (団子) adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan (kushi) dari bambu. Jumlah butiran dango dalam satu tusuk bergantung pada daerahnya di Jepang.
credit
Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai (kinako), dimasukkan ke dalam mitsumame (agar-agar yang dimakan bersama aneka buah kaleng) atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Dango

Mengapa aku tiba-tiba membahas Dango?
Yaps, lagi-lagi aku harus mengakui keunikan lagu-lagu Jepang. Setelah di postingan lalu, aku pernah membahas sedikit tentang Gohan (nasi) yang bisa dijadikan sebagai lirik lagu yang enak didengar, maka kini aku menemukan lagu Jepang dengan tema Dango atau kue berbentuk bulat. Lagu ini pun tak kalah enak untuk didengar. Lagu ini berjudul Dango Daikazoku atau Keluarga Dango.

Yuk, simak liriknya baik-baik ^^
(karena lagu Dango Daikazoku ini merupakan OST. Ending dari anime Clannad, maka lirik di bawah ini merupakan lirik versi anime-nya)

dango dango dango dango dango daikazoku
dango dango dango dango dango daikazoku

Keluarga dango dango dango dango dango dango
Keluarga dango dango dango dango dango dango
ini keluarga Dango
yancha na yaki dango yasashii an dango
Sebuah Dango panggang nakal, sebuah Dango jenis kacang manis

ini Dango panggang nakal
ini Dango kacang manis
minna minna awasete hyaku nin kazoku
mengumpulkan mereka semua dan itu merupakan ratusan keluarga
Dango berkumpul membentuk keluarga
akachan dango ha itsumo shiawase no naka de
sebuah bayi Dango selalu terbuai dalam kebahagiaan
ini bayi Dango
toshiyori dango ha me wo hosometeru
sebuah Dango tua menatap usia dengan mata sipit 
ini Dango tua
nakayoshi dango te wo tsunagi ookina marui wa ni naru yo
semua teman-teman Dango akan berbegangan tangan dan membentuk lingkaran besar 

machi wo tsukuri dango boshi no ue minna de waraiau yo
mereka akan menemukan sebuah desa di planet Dango dan semuanya tersenyum bersama-sama 

usagi mo sora de te wo futtemiteru dekkai otsukisama
kelinci yang melambai-lambaikan tangan mereka dari bulan yang besar
kelinci dari bulan
ureshii koto kanashii koto mo zenbu marumete
menggulung semua kebahagiaan dan kesedihan  

8 comments:

  1. hehe.. lucuu banget. Cara membuatnya gimana?

    ReplyDelete
  2. hehe.. iya Mbak. Lezat juga sepertinya..
    jadi pengen buat sendiri ya :)

    ReplyDelete
  3. kalo liat dari bahan dasarnya kayak klepon ya, cuman gak dikasi parutan kelapa aja :)

    ReplyDelete
  4. hu'um..
    ternyata makanan Indonesia ada yang mirip sama makanan Jepang..
    haha :D

    ReplyDelete
  5. wuihh,,, kayaknya enak makan dango.. rasanya sama cilok (aci dicolok) agak2 mirip kali ya,,,hhuhu

    ReplyDelete
  6. Belum pernah makan sate dango @.@

    ReplyDelete
  7. Arigato Gusaimashta utk yg udah Posting... GBU..

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top