3

Komunitas Dunia Maya



  Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.
Komunitas. Apa itu komunitas? Rasanya telinga kita sudah tak asing mendengar kata itu. Apa sesungguhnya komunitas itu? Apakah yang seharusnya dimiliki suatu komunitas untuk bisa dikatakan ideal?

Manusia adalah makhluk sosial yang berarti harus punya hubungan sosial dengan lingkungan dan orang lain. Interaksi sosial itu menjadikan manusia kadang berujung pada sesuatu bernama komunitas yang menjadi sebuah wadah untuk berkumpul dengan orang yang punya kesamaan visi dan misi. (angingmammiri.org)

Komunitas. Ya, itulah komunitas. Mungkin jika di sekolah bernama ekstra kurikuler dan di kampus bernama UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Apapun itu, komunitas merupakan suatu tempat berkumpul bagi orang-orang yang memiliki hobi dan ketertarikan yang sama. Jika kita menyukai seni lukis, maka kita bisa bergabung dengan komunitas seni lukis yang di dalamnya terdapat orang-orang yang ahli dalam bidangnya maupun orang-orang yang mau belajar untuk bidang tersebut.

Komunitas bukanlah suatu ruangan berpintu maupun tidak berpintu yang didalamnya terdapat tempelan poster dan stiker dari kegiatan yang telah atau akan dilaksanakan, karena pada dasarnya untuk membangun suatu komunitas bukan tempat-lah yang menjadi fokus utama. 

Mungkin jika kita sering berselancar di media sosial seperti facebook dan googleplus, kita akan menemukan komunitas-komunitas yang dapat kita ikuti. Komunitas tersebut tidak butuh tempat nyata untuk berkumpul bukan?

Komunitas G+ yang aku ikuti :)

Lantas seperti apa komunitas yang ideal itu?
Komunitas terbentuk karena ada anggota. Anggota tidak sembarang anggota karena anggota yang dimaksud adalah anggota yang memiliki tujuan yang sama. Kenapa anggota menjadi hal yang utama? Dan mengapa anggota harus memiliki tujuan yang sama? Contoh mudahnya seperti berikut. Saya suka membaca buku, kamu suka bermain game online, dia suka olahraga. Tidak mungkin kan ketiga orang tersebut bergabung dalam komunitas yang sama, kecuali ketiga orang tersebut mempunyai kesamaan hobi/tujuan yang sama. Misalnya sama-sama suka ngeblog, maka ketiganya masuk dalam komunitas blog.

Selanjutnya dalam komunitas harus punya tujuan. Misalnya sama-sama suka basket. Terus ngapain? Ngumpul doing gitu? Nggak kan? Pasti mereka punya tujuan atau lebih sakralnya disebut visi dan misi. Entah, nantinya mereka akan berlatih seminggu sekali, dua minggu sekali, ikut turnamen, pertandingan persahabatan, atau yang lainnya. Yang pasti, mereka punya rencana kedepan. Jelas dan tegas.

Terus, kalau komunitas-komunitas di dunia maya punya tujuan apa ya?
Bukan hanya sekedar ikut-ikutan masuk komunitas, namun kalau pertanyaan itu mendarat padaku, maka aku akan menjawab; aku belajar melalui komunitas. Misalnya saja aku, yang mengikuti komunitas Blogger Indonesia di Google Plus. Secara gamblang komunitas ini memiliki tujuan untuk lebih memfasilitasi sesama blogger senusantara dalam berbagi, menjalin silaturahmi, lebih mempermudah jalur blogwalking, serta menambah traffic ke blog kita. Namun, selain itu aku juga menemukan proses ‘belajar’ dalam mengikuti komunitas tersebut. Contohnya saat aku menginginkan widget tertentu untuk blogku, maka aku bertanya pada mereka-mereka yang sudah ‘ahli’ dalam hal mempercantik blog dengan beragam tutorialnya. Selain itu, aku juga belajar memahami beragam jenis tulisan dari para blogger yang tergabung dalam komunitas tersebut.

Nah, itulah dua hal yang wajib ada dalam suatu komunitas ideal; anggota dan tujuan. Jauh lebih baik jika ada ‘ketua’ yang mampu mengontrol ‘hidup’-nya suatu komunitas. Karena tanpa kontrol yang jelas, tujuan yang dibangun di awal akan sangat mudah goyah dan tidak selaras lagi dengan tujuan awal.

3 comments:

  1. akhir2 ini komunitas banyak memberi pelajaran penting dalam kehidupan saya. pengalaman2 berharga dan teman2 yang sangat luar biasa. walopun masih di dunia maya tapi semangat tetap membara :)

    ReplyDelete
  2. yaps, benar sekali mba Ayu :)

    ReplyDelete
  3. waaaaah,... sy sudah bberapa kali coba mendaftar di blgger anging mamiri,.. gk bisa2... :'(

    salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top