2

Persamaan & Perbedaan SMA dengan Kuliah


Hai kawan-kawan,, apa kabar kalian semua?
Waktu berjalan tanpa terasa. Sepertinya masih teringat jelas saat kita masih SD, saat ibu guru membawa penggaris panjang dan memeriksa kuku murid-muridnya. Bagi kalian yang berkuku panjang dan hitam, bersiap-siaplah penggaris kayu 1 meter itu mendarat di tangan kalian. Di lanjutkan dengan masa-masa SMP, saat merasakan kehidupan yang lebih luas, menemukan cinta monyetnya masing-masing. Masa-masa yang begitu ababil. Setelah itu, beranjak ke SMA, menjalani MOS dengan persyaratan yang aneh-aneh, membawa air putih rasa keju, tas kantung gandum, hingga cerita-cerita yang lebih aneh dari itu semua. Masih ingatkah dengan masa-masa itu?
Waktu memang tak kan pernah berhenti, bahkan satu detik pun. Dan semua yang terlewati akan menjadi suatu kenangan yang indah jika diingat kembali. Seperti saat ini. Aku tengah mengingat masa-masa abu-abuku. Teringat pertama kali aku mendaftar di SMA, terkagum-kagum dengan lapangannya yang luas, bangunannya yang khas, dan gedungnya yang indah. Aku ingat ketika pagi-pagi jam setengah 6 aku harus sudah dipinggir jalan menunggu angkot karena saking takutnya dengan kata telat. Aku ingat ketika pertama kali aku bertemu dengan teman-teman sekelasku dulu. Lucu-lucu dan aku begitu culun. Namun, karena waktulah semua itu kini hanya menjadi sebuah kenangan. 
Saat ini aku tercatat sebagai seorang mahasiswa, sama halnya dengan kalian, atau mereka yang sudah melewati masa-masa SMAnya. Menjadi seorang mahasiswa yang tugas utamanya adalah 'kuliah' akan terasa berbeda jika dibandingkan saat menjadi seorang pelajar di SMA. Kalau ada di antara kalian yang bertanya "lebih menyenangkan mana saat-saat bersekolah di SMA atau masa-masa menikmati bangku kuliah?" tentu jawaban dan alasannya beragam, beraneka rasa, dan berwarna-warni. Pasti ada yang menjawab "jauh menyenangkan saat SMA lah, temannya asik-asik, kompak, seru." Tapi, mungkin pula ada yang menjawab "asyik kuliah, banyak cowok ganteng, ceweknya cantik-cantik." Apapun itu jawabannya, pasti sangat tergantung dengan kondisi masing-masing saat ini. Dan bagaimana dengan jawabanku?
Bagiku kedua masa itu (masa SMA dan saat kuliah) sama-sama menyenangkan. Banyak kesamaan pada keduanya sehingga membuatku berpikiran seperti itu. Masa-masa menjadi murid di SMA N 7 Purworejo dan saat-saat kuliah sebagai mahasiswa Manajement Informatika(MI) POLITEKNIK MANUFAKTUR ASTRA. Ada beberapa persamaan yang menarik di antara keduanya. Dan berikut penjelasannya.
Smansev: Batu bertuliskan SMA 7 Purworejo
Polman Astra: sebelum direnovasi. Kini sudah cantik ^^

  1. Personil

    Sewaktu SMA aku dipersatukan dalam 24 siswa yang terdiri dari 9 cowok dan 15 cewek. Saat aku kuliah aku dileburkan dalam 31 mahasiswa yang terdiri dari 15 cowok dan 16 cewek (dan karena satu hal, 1 cowok keluar). Persamaan dari keduanya yaitu kami selama 3 tahun tergabung dan selamanya dalam satu kelas. Ber-24 menamakan diri sebagai PASKIBRA (iPA Satu KIta BeRsAma) menjalani masa-masa SMA  dan kini sudah hampir 2 tahun aku bersama dengan teman-teman kuliah yang tergabung dalam MI 2010 Family. Mungkin karena magang di tempat yang berbeda, maka kebersamaan kami takkan genap 3 tahun. Hal itulah yang sedikit membedakan antara keduanya.
    PASKIBRA
    MI 2010 Family n family
  2. Ruang Kelas

    Sewaktu SMA, kita disediakan ruang kelas untuk proses belajar mengajar. Satu tahun di kelas yang ini. Satu tahun di kelas yang itu dan satu tahun lagi di kelas yang sebelah sana itu. Begitu pula waktu kuliah. Satu hal yang membedakannya yaitu ruangan waktu SMA adalah ruang kelas dengan satu set komputer di samping meja guru. Ruangan kuliah adalah lab komputer dimana masing-masing mahasiswa memiliki satu account untuk login di komputer masing-masing dan bertanggung jawab atas komputer tersebut. Dan hal yang membedakan antara keduanya yaitu saat SMA; 1 komputer diperebutkan oleh banyak siswa (one to many), pas kuliah; 1 komputer 1 mahasiswa (one to one). :D
    R. X-1 yang dulu kayak aquarium. "Pak.. bocooorr..!!"
    Lab 406. Penuh kenangan...:')
  3. Seragam

    Sudah menjadi ketentuan bagi murid SMA untuk memakai seragam di jam sekolah. Waktu SMA, kita disediakan 4 buah seragam. Senin-Selasa : Seragam OSIS, Rabu-Kamis: Seragam khusus, Jumat: Seragam pramuka, Sabtu: Seragam OSIS panjang (bagi yang muslim). Lalu bagaimana waktu kuliah? Apakah diharuskan juga memakai seragam? Ya bagi kami mahasiswa Polman Astra. Seragam ini berwarna biru (dan orang bilang mirip seragam kernet bus MayangSari MayaSari Bakti) dan dikenakan selama seminggu (Senin-Jumat).  Bagi mahasiswa teknik ada seragam biru khusus untuk praktek.
    Seragam khusus SMA 7 Purworejo :)
    Macam inilah seragam biru Polman Astra. Weii.. ada dosen tuh di belakang,,,
  4. Jalan-jalan

    Jalan-jalan? Waktu SMA ada study tour bukan? Tiap tahun malah. Tak tanggung-tanggung objek wisata yang dipilih saat aku SMA adalah Pulau Dewata, Bali. Perjalanan yang melelahkan namun begitu mengasyikkan. Jalan-jalan waktu SMA pun tak sekedar studi tour, tapi juga waktu praktek Speaking di Borobudur dimana masing-masing dari kita harus mewawancari bule-bule. Bagaimana dengan kuliah? Tentu saja ada jalan-jalan pula. Bedanya, kalau jalan-jalan waktu SMA ada yang bertanggung jawab sepenuhnya, maka jalan-jalan waktu kuliah keselamatan ditanggung masing-masing orang. Walau demikian, perjalanan ini selalu terasa menyenangkan. Berjalan beriringan menuju halte busway, menunggu kedatangan busway, hingga harus berdesak-desak di dalam busway.
    @Borobudur: keliling nyari bule, ujung2nya malah foto2 :)
    @Sangeh.. yang kangen saudaranya,, segera datang kesini.. :)
    @Ragunan.. mas-mas paling kanan lagi ngapain tuh? :p
    @Monas.. bangga nian pake seragamnya..
  5. Buber

    Masih inget deh waktu sore-sore di bulan puasa datang ke sekolah untuk ngadain buber alias Buka Bersama bareng PASKIBRA. Duduk melingkar di lapangan basket, gelap-gelapan menyantap santapan berbuka ala kadarnya. Bagaimana waktu kuliah? Ternyata tiap tahunnya ada acara rutin Buka Bersama. Dosen-dosen pun diundang. Buka bersama ini pun tak hanya sekelas, namun rame-rame satu Himma (Himpunan Mahasiswa). Semuanya terasa enak jika bersama-sama.
    Soswit sekali, magrib2 di tengah lapangan... :')
    Buber atau pengajian? Kompak bener jilbabnya..
  6. Project Tahunan

    Project tahunan? Mungkin gambar di bawah ini bisa menjelaskan. Waktu SMA tiap bulan Agustus kita membuat bunga dari ketas sebanyak (-banyaknya) untuk karnaval. Apakah waktu kuliah juga ada hal semacam ini? Aku rasa tidak. Lantas, adakah persamaannya? Entah bisa dikategorikan sama atau tidak, masa-masa kuliah ternyata ada project, bukan tahunan sih, tapi semesteran. Project untuk mata kuliah tertentu. Project inilah yang biasanya menimbulkan kegalauan, sama galaunya ketika menjahit bunga dan benangnya kusut di tengah jalan.
    Bulan Agustus penuh bunga-bunga.. lalalalala...
    Akhir semester pada galau. Laptop bertebaran dimana-mana...
  7. Momen Tulis Menulis

    Apapula ini? Aku masih ingat ketika di akhir-akhir masa SMAku, aku dan teman-teman sekelas membubuhkan tanda tangan di kalender seharga Rp 5.000 di tanggal lahir masing-masing. Secara bergiliran masing-masing anak menandatangani kalender-kalender yang pemiliknya memperbolehkan adanya coretan-coretan di atasnya. Apakah waktu kuliah ada hal semacam ini? Waktu kuliah tidak ada pembagian kalender seperti waktu SMA. Namun, moment tulis menulis seperti itu mengingatkanku pada suatu momen yang mengharuskan kami menulis Surat Perjanjian karena satu kelas terbukti melakukan kecurangan saat ujian(sungguh memalukan) . Don’t try this at home.
    Serius banget yak?! Kayak lagi ujian aja
    Salah tanda tangan ngga tuh..
    Ini nih, yang nggak boleh diulangi lagi.. :D
    Isi suratnya apa tuh mbak? liat dongg.. :D

    ealah, nulis suratnya aja pke nyontek, gimana dosennya ga marah.. upz..
  8. Golongan Narsis

    Sepertinya untuk yang satu ini, nggak hanya berlaku saat SMA atau kuliah saja. Golongan-golongan seperti ini selalu ada dimana-mana. Berhati-hatilah!
    Gaya saat ada kamera On. Lagi pada ngapain mbak-mbak?
    1..2..3.. action.. :p
    Kalau jilbab warnanya samaan, nggak boleh ada kamera ngannggur :p
  9. Cinta dalam Kelas

    Cinta dalam kelas sepertinya sudah default terjadi dimana-mana. Cinta lokasi itu ternyata tak mengenal lokasi itu dimana, mau di bangku SMA, bangku kuliah, sama saja, yang penting Cinta.
    Mas Karyo dan Dek Sela (upzs...)
    Asekk dahh.. :p jangan 'kelamaan' mas :D
    Sepertinya ada banyak hal yang masih bisa dituliskan dan bagiku kedua masa ini sungguh menyenangkan. Lucu rasanya mengingat kejadian-kejadian aneh yang pernah terjadi. Senang rasanya bisa mengenal kalian semua.

    #maaf, jika ada yang kurang berkenan dengan foto2 yang diupload :)

2 comments:

  1. Ciiee mengenang masa lalu ... :)
    good story...

    ReplyDelete
  2. mayasari bhakti mi bukannya mayangsari ahaha
    itu terkhirnya ga enak banget foto slogannya ahaha
    yang jelas terharu nih mau banjir huhu so cwwwwiiiiiiiiiitttttttt kali deh huhu :')

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi Wamubutabi :)
Silahkan tinggalkan jejak ^^

Powered by Blogger.
Back to Top